Wednesday, April 15, 2015

Membuat Kacamata VR termurah, Cardboard 10000


Kacamata Virtual Reality dan Cardboard VR

Penggunaan teknik stereoscopy memungkinkan suatu gambar tampak seperti objek tiga dimensi.
Stereoscopy mulai dilihat sebagai salah satu teknologi masa depan dalam industri game dan film.
Tahun 2012 Oculust Rift, sebuah produk kacamata VR, sukses dalam promosi kickstarternya dan menjadi berita besar dalam industri game hingga akhirnya dibeli oleh facebook dengan harga $2 Milyar. Dalam Google I/O 2014 conference Google memperkenalkan sebuah kacamata VR yang dapat dibuat dibeli atau dibuat sendiri dengan harga kurang dari Rp.100.000,00. Kacamata tersebut dapat dibuat dengan harga murah karena menggunakan barang sederhana seperti kardus, karet gelang dan menggunakan smartphone android sebagai layarnya.

Membuat Cardboard VR sendiri

Google menyediakan template kacamatanya, yang dapat di download dan dicetak sendiri.  Sayangnya lensa yang dipilih oleh Google susah dicari di toko-toko lokal dan harganya mahal.
Kenapa tidak beli? Di FJB memang banyak yang menjual dengan harga 80-200 ribu tergantung kualitas, tapi kan yang asyik dari Cardboard VR itu semangat Do It Yourself-nya.
Oleh karena itu terciptalah Cardboard 10000 yang didesain untuk menggunakan komponen yang mudah didapat dan dapat dibuat dengan harga murah


Alat dan Bahan

  1. Kertas Kardus – cari yang kuat tapi jangan terlalu tebal-tebal,
  2. template (download di sini) yang sudah diprint di kertas A4,
  3. 2 buah kaca pembesar – saya gunakan kaca pembesar merek JoyArt MF-50 dengan diameter 5 cm dan pembesaran 6 kali. Saya beli dua di toko buku seharga 10.000 saja.
  4. Beberapa karet gelang
  5. Lem kertas
  6. Gunting cutter dan penggaris
  7. Selotip, banyak dan harus royal
  8. 2 buah magnet koin – saya belum dapat magnet yang cukup kuat yang mudah dibeli di toko, jadi sementara tidak memakai magnet dulu
  9. NFC tag – apalagi ini, susah dicari dan pasti mahal

Pembuatan

  1. Tempelkan template di kardus lalu potong dan lubangi sesuai gambar
  2. Rangkai bagian tengah, pasang kaca pembesarnya kalau perlu gunakan selotip. Lem bagian yang diberi tanda 3 dengan hati-hati, biarkan agar benar-benar kering.
  3. Pasang bagian tengahnya pada cangkang bawah, lalu tutup dengan cangkang atas, beri selotip.
  4. Tempatkan magnet kalau ada
  5. rangkai karet seperti untuk mainan lompat tali, lalu rekatkan di penutup belakang dengan selotip
  6. coba masukkan handphone di belakang, gambar dan tulisan harus terlihat fokus dan sebisa mungkin tidak ada cahaya yang masukkan. Coba dengan gambar Avatar SBS di atas, biarkan mata membiasakan diri dan gambar yang dua pelan-pelan akan semakin dekat dan menjadi satu.

Install Aplikasi

Cari “cardboard vr” di Google Play, untuk IOS mungkin juga ada tapi saya tidak tahu. Biasanya ada gambar kacamata kardusnya untuk aplikasi yang mendukung cardboard VR. Sejauh ini yang saya berhasil coba adalah “I AM Cinema” (menonton video 3d di bioskop), “Full Dive Cinema” (menonton film 3d di bioskop) dan DebrisDefrag (melihat asteroid).
Untuk Video bisa cari di Youtube yang kategori 3d kalau didownload memakai addon VideoDownloadHelper (Firefox) bakal dapat video Side-By-Side (SBS) nya. Film juga banyak, silakan cari yang 3d SBS/Half SBS.
Game ada banyak tapi karena handphone saya jadul, memori kecil, jadi tak kuat memainkannya.
Jangan download game yang disponsori Wearability, sepertinya itu didesain khusus untuk kacamata Wearability dan tidak cocok dengan kacamata saya ini.

Todo list

  1. Realisasikan Cardboard 10000 v0.2 (Template di atas belum benar-benar saya realisasikan, saya masih menggunakan desain milik Google yang saya tambah perpanjangan fokus sendiri. Perpanjangan fokus dibutuhkan karena lensa Google memiliki titik fokus berjarak 5 cm sedangkan kaca pembesar yang saya pakai 8 cm)
  2. cari magnet yang murah, kuat dan mudah didapat
  3. cat bagian dalam dengan warna hitam
  4. beri busa di bagian muka agar lebih nyaman
  5. Desain untuk layar yang lebar (Phablet? Tablet?)
Demikian build log saya, kalau sudah ada yang mencoba membuat silakan di pamer di sini, sekalian pengalaman membuatnya. Kalau ada yang menemukan magnet yang kuat dan murah juga tolong kasih tahu.

5 comments:

Nanda Pandyatama said...

pakai kaca pembesar gak kegedean ya gan? caranya biar muat diapain ya? thanks btw, tutornya cocok buat orang pribumi XD

Viko Adi Rahmawan said...

It yg diameter 5cm udah plg kecil.

Faisal Azalia said...

Gan fungsi NFC itu buat apayah??
Apakah penting??

blgger it boros said...

pake lensa teropong mainan aja gan yang harganya 15.000 an work ane coba bisa ttp temen ane pke teropong mainan yang agak besaran sedikit kisaran 25.000

Unknown said...

Gagal fokus kaya ny bang...msh jd 2...kegedean lensa ny apa y?